Vitamin Esensial untuk Kesehatan Wanita

Vitamin Esensial untuk Kesehatan Wanita
Illustrasi

Ada beberapa vitamin penting untuk kesehatan wanita. Jika Anda seorang wanita, penting untuk mengetahui peran vitamin dan makanan yang memasok vitamin tersebut.

Jika diet Anda gagal menawarkan nutrisi penting tertentu, penyakit defisiensi bisa terjadi. Dilansir dari laman Boldsky, berikut vitamin esensial tertentu untuk kesehatan wanita.

1. Vitamin B6 Ini merupakan salah satu vitamin penting bagi wanita. Nama lain dari vitamin ini adalah pyridoxine. Vitamin ini bisa membantu wanita hamil melawan morning sickness. Kekurangan vitamin ini bisa meningkatkan risiko anemia. Vitamin ini juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mengontrol kadar gula darah. Anda bisa mendapatkan nutrisi ini dari makanan seperti kacang, buah kering, ikan, biji-bijian, pisang, oatmeal, alpukat dan daging.

2. Vitamin A Anda memerlukan vitamin A untuk penglihatan mata yang baik, tulang yang kuat, gigi sehat dan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Makanan yang menawarkan vitamin ini adalah wortel, bayam, kangkung, brokoli, telur, pepaya, tomat, susu, aprikot, persik dan jambu biji.

3. Vitamin B9 Asam folat adalah nama lainnya. Inilah salah satu vitamin untuk wanita. Kita semua tahu bahwa asam folat sangat penting bagi wanita hamil karena membantu perkembangan janin. Vitamin ini juga mencegah BP tinggi, kanker, masalah jantung dan Alzheimer. Kekurangan vitamin ini selama kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat lahir. Mengonsumsi makanan seperti kacang, telur, jeruk, stroberi, kacang polong dan melon bisa membantu.

4. Vitamin D. Saat ini banyak wanita yang menjadi korban osteoporosis. Tubuh Anda membutuhkan vitamin ini untuk menyerap kalsium lebih baik. Jadi, tulang Anda membutuhkan bantuan vitamin D juga. Vitamin ini juga meminimalkan risiko masalah penglihatan, multiple scleroses, arthritis dan beberapa jenis kanker. Anda membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin ini. 

5. Vitamin C. Kita semua tahu betapa pentingnya vitamin C untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bisa mempercepat pemulihan, membantu produksi sel darah merah dan mencegah masalah jantung. Buah jeruk, paprika, kiwi, tomat, buah grepe, brokoli, kentang dan kubis memasok nutrisi ini.

6. Vitamin B2 (Riboflavin). Vitamin B2 memberi dorongan pada imunitas, metabolisme dan tingkat energi Anda. Bila tubuh Anda kekurangan vitamin ini, Anda mungkin mengalami sakit tenggorokan, bisul mulut, bibir pecah-pecah, rambut kering dan kulit gatal. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah yoghurt, kacang almond, keju, susu, telur, ragi, sereal dan sayuran hijau.