Tembus Semi Final, PSP Padang U15 Catatkan Sejarah Sepakbola Sumbar di Piala Soeratin U15 Nasional

Tembus Semi Final, PSP Padang U15 Catatkan Sejarah Sepakbola Sumbar di Piala Soeratin U15 Nasional
Al Fadhil Gusva (paling depan) pencetak gol pertama PSP U15/istimewa

Pelantang.id, PADANG - Wakil Sumatera Barat di ajang Piala Soeratin U15 Nasional, PSP Padang mencatatkan sejarahnya menembus semi final dengan mengalahkan wakil Bangka Belitung (2-1) di babak 8 Besar yang berakhir di Stadion Sultan Agung, Bantul, sore ini Senin (24/2/2020). 

PSP U15 "leading" pada menit 20'. Adalah Al Fadhil Gusva pemain yang sejatinya pertama kali diturunkan oleh manager coach Tri Gustian sejak mengarungi Babak Nasional itu menjadi pembeda situasi laga. 

Tiga menit menginjak lapangan, Al Fadhil sukses memaksimalkan umpan terobosan sayap PSP U15, Muhammad Zikri Fajri.

Lolos dari jebakan off side, Al Fadhil berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Bangka Belitung, Ade Risky. Dengan cerdik pemain yang baru saja pulang umrah serta baru bergabung di Babak 8 Besar dengan rekan rekannya itu, mengecoh kiper lawan. 

Tetapi Babel merespon cepat menyamakan kedudukan (1-1) di menit 23' yang diciptakan Hendra. Sama kuat mengakhiri babak pertama.

Di babak kedua, aksi saling serang meningkatkan tensi pertandingan. Anak-anak Pandeka Bungsu julukan PSP U15 menekan dari semua lini. Babel meladeni sehingga pertandingan makin sengit. 

Kedua tim yang pernah bertemu di fase penyisihan grup A itu saling mencuri kesempatan di area tengah lapangan. Melewati separuh babak kedua. PSP U15 menambah koleksi gol mereka. Gol kedua oleh Farhan Habibi tercipta di menit 45'. 

Tertinggal, Babel bermain lebih terbuka. Namun PSP U15 merapatkan pertahanan. Disiplinnya kwartet lini belakang yang dihuni kapten tim Muhammad Touriq, Isya' Alfiyah Dattul, Daffa Chairi Orakel dan Reval Aditya mampu membentengi serangan dari lawannya. 

Hingga waktu normal 2 x 30 menit tuntas, PSP U15 sukses mempertahankan keunggulan dengan skor (2-1). Kemenangan yang disambut gemuruh oleh skuad tim asuhan Tri Gustian, Muhammad Jeki, Putra Syabilul Rasyad. 

"Saya tidak bisa berkata-kata. Perjuangan yang luar biasa dari anak-anak. Kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan membawa semua bekerja ikhlas untuk sepak bola Sumatera Barat. Mohon do'a dan dukungan seluruh masyarakat Minang, di kampung dan di rantau," terang Khalil, Sekretaris Tim PSP U15 kepada pelantang.id, Senin malam.  

"Direncanakan besok, kami berangkat ke Solo untuk menghadapi semi final di Stadion Manahan Solo. Lawannya antara pemenang Banten versus Jawa Timur," tutupnya.  

Daftar Susunan Pemain :
SUMBAR (PSP U15) : Aldo Fernandi (PG); Adib Arya Putra (31' Daffa Chairi Orakel), Isya' Alfiyah Dattul Kahfi, Marcel Fajar Ramadhan (17' Al Fadhil Gusva), Muhammad Touriq (c), Reval Adithya, Ufo Trinando; Haviv Mumtaza, Muhammad Zikri Fajri, Zulkifli Yahya; Farhan Habibi (60+1' Januardi Rahmad Dwi Ananda)

BABEL : Ade Risky (PG); Adi Kusuma (c), Ahmad Padillah, Bobi Deta Anderean, Hendri Saputra, Rahwandi; Imam Harist Al Mudzaky, Khozin Abinaya Adesta; Abdul Hamid, Hendra, Zaky (50' Dimaz Saputra).