Tatap Babak 34 Besar Nasional LFN 2019, Futsal Tuah Sakato Tambah Pemain dan Gelar Latihan

Tatap Babak 34 Besar Nasional LFN 2019, Futsal Tuah Sakato Tambah Pemain dan Gelar Latihan
Futsal Tuah Sakato sewaktu Final Spotec LFN 2019 Sumbar

Pelantang.id - Futsal Tuah Sakato Sumbar yang menjuarai Spotec LFN 2019 Sumbar bergerak cepat mematangkan lagi taktikal dan strategi permainan jelang keberangkatan menghadapi juara se-Sumatera di Babak 34 Besar Nasional Grup A yang akan berlangsung di Kota Pekanbaru, 2 - 11 September 2019 mendatang. 

Jajaran pelatih Futsal Tuah Sakato, yang untuk Babak Regional ini langsung di kepalai oleh Cocah Qusmaini Noor Rusli dibantu Andrian Andika, Efrinaldi dan Tri Muhadi Putra kembali menggelar latihan di lapangan Rafhely Futsal By Pass, km. 11 Kota Padang, Selasa siang (27/8), pasca libur sehari, Senin (26/8) dari laga terakhir, Final Spotec LFN 2019, Minggu (25/8) kemaren. 

Dalam latihan perdana itu, 6 pemain tambahan juga ikut bergabung. 4 (empat) pemain dari Futsal Padang Pariaman, Muhammad Fikri, Youmil Abdanu, Ramadhan Ibrohim dan Lucki Aji, plus kapten tim CCB Abud's, M. Nasuha dan kiper Futsal Bukittinggi, Yodhie Fachreza.

"Ya, hari ini kita langsung gelar lathan. Tidak banyak waktu bagi adik-adik. Makanya, kami tim pelatih sesuai arahan Coach Qusmaini, hanya meliburkan pemain satu hari saja, Senin kemaren. Dan Selasa siang ini melanjutkan program latihan yang diberikan Coach Qusmaini," terang Andrian Andika. 

"Kita panggil lagi Fikri, Youmil dan Madhan (Ramadhan). Ketiganya kan sebenarnya sudah satu tim dengan rekan-rekan mereka di tim Pra PON. Satu lagi Lucky Aji  Tapi kemarin membela klub asalnya Futsal Padang Pariaman," sebutnya 

"Sedangkan Nasuha dan Yoedhi kita coba untuk menambah kekuatan tim. Keduanya cukup menonjol sewaktu membela CCB Abud's dan Futsal Kota Bukttinggi," ulas Anduik, panggilan akrab Andrian Andika.

Terpisah Ketua AFP (Asosiasi Futsal Provinsi) Sumbar, H. Yasman Yanusar mengatakan untuk tuan rumah Grup A Babak 34 Besar Nasional Liga Futsal Nusantara 2019, FFI (Federasi Futsal Indonesia) telah menunjuk AFP Riau sebagai tuan rumah. 

Disana akan bergabung juara-juara dari Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung dan Sumsel untuk berebut dua tempat lolos ke Babak 8 Besar Nasional di GOR Sasana Krida Satria, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, pertengahan September.  

"Federasi telah memutuskan AFP Riau dengan kota Pekanbaru sebagai tuan rumah Grup A Babak 34 Besar Nasional. Kita, juara Sumbar (Futsal Tuah Sakato) akan bertemu juara dari 7 tim se-Sumatera lainnya. Kecuali Juara dari Lampung yang bergabung ke Grup B di Jawa," ujarnya. 

LFN yang merupakan kompetisi resmi Futsal Indonesia yang bermuara promosi ke Liga Profesional 2020 untuk 4 (empat) tim pemenang. Ke-4 klub pemenang ini akan menggantikan 4 tempat yang ditinggal klub terdegradasi musim Liga Pro 2019. 

Musim LFN 2019, Futsal Tuah Sakato menjadi wakil Sumbar yang akan meretas asa ke level elit. Sejak 2015, langkah juara Sumbar masih belum beruntung lolos ke Liga Pro. Itu pasca terhentinya PSR FC Padang tahun 2015, Rafhely Futsal Padang, 2016 dan 2017 serta Futsal Padang Pariaman musim lalu 2018 di fase 8 Besar dan 34 Besar Nasional. 

"Sama dengan tahun tahun sebelumnya. Perjuangan juara Sumbar dimulai dari Grup A 34 Besar. Hanya dua tim teratas penyisihan grup yang lolos Babak 8 Besar. Seterusnya di 8 Besar, juga hanya 4 tim pemenang yang promosi ke Liga Pro. Mudahan-mudahan 2019 ini ada rezeki untuk juara Sumbar, Futsal Tuah Sakato. Aamiiin," urai H. Yasman. 

Babak 34 Besar Nasional, 2 - 11 September

Kategori Tim Putera : GRUP A : 1. Aceh (Wirataco), 2. Sumut (Bank Sumut), 3. Sumbar (FUTSAL TUAH SAKATO), 4. Riau (Futsal Kandis), 5. Kepri (Ganador), 6. Jambi (WSFC), 7. Bengkulu (Porad FC), 8. Babel (Bomber Swat FC), 9. Sumsel (Angkasa Pura 2 Palembang

Kategori Tim Puteri: GRUP E : 1. Aceh (Absen), 2. Sumut (UNIMED WOMEN FC), 3. Sumbar (absen), 4. Riau (Rudal 004 Dumai), 5. Kepri (Anugerah FC), 6. Jambi (KJI 2016), 7. Bengkulu (absen), 8. Babel (absen), 9. Sumsel (Vamos Lanjake FC)