Salam Lestari ! Halal Bi Halal Virtual SISPALA SMA 2 Padang Angkatan Pertama hingga ke-34, Simbol Abadinya Kekeluargaan dan Jiwa Korsa

Salam Lestari ! Halal Bi Halal Virtual SISPALA SMA 2 Padang Angkatan Pertama hingga ke-34, Simbol Abadinya Kekeluargaan dan Jiwa Korsa
HalalBi Halal virtual lintas Angkatan SISPALA SMA 2 Padang, Selasa siang (26/5/2020)

Pelantang.id, PADANG - SISPALA (Siswa Pencinta Alam) SMA 2 Padang nan notabene merupakan kelompok kegiatan ekskul (ekstra kurikuler) semasa berseragam putih abu-abu di Jalan Musi 2 Kota Padang melepas kerinduan yang mengendap sekian lama usai menamatkan pendidikan sekolah lanjutan tingkat atas, setahun hingga berpuluh-puluh tahun silam. 

Ekskul tertua di SMA 2 Padang, berdiri 31 Januari 1981, merindukan kebersamaan, suka dan duka di alam bebas. Kesunyian rimba raya dan dingin serta kencangnya hembusan angin ketinggian di atas permukaan laut. "Bak bisu barasian" yang selalu berpendar dalam ingatan. Entah kapan bisa terulang kembali. Sejak meninggalkan SMA 2 Padang. 

Tapi itu sejenak akhirnya terlepaskan. Silahturahmi virtual, halal bi halal pada Selasa siang (26/5/2020), lintas angkatan SISPALA SMA 2 Padang jam 14.00 WIB hingga 16.00 WIB sedikitnya mampu mengobati kerinduan masing-masing.  

"Lamo indak basuo, lamo dak basapo (lama tidak berjumpa, lama tidak bertegur sapa). Setelah puluhan tahun kakanda, adinda. Sudah masanya turun gunung... Yuk ngumpul online Cakrapala (Cakrawala dan Sispala) Smandoe," ujar Sri Afrianis, inisiator Halal Bi Halal. 

Bertatap muka melalui zoom meeting, semua menumpahkan kenangan. Bercerita saling mengingat aktifitas yang pernah dilakukan bersama. Semasa melakoni program-program kegiatan alam bebas. Pendidikan Dasar Cinta Alam (PDCA), Long March ( Perjalanan Malam, Hiking (perjalanan di hutan ), Caving (penelusran gua), mountaineering (pendakian gunung), ekspedisi gunung hutan dan lain-lainya. 

"Ambo mohon maaf yang sebesar-besarnya. Ndak takaja ruponya. Ambo dari Bukik (Bukittinggi) ka Padang. Macet lah mulai. Pemeriksaan ketat," tutur Indra Muhammad Gandidi, senior SISPALA SMA 2 Padang, Angkatan lama, ke-4 (1984-1987) di sela-sela zoom meeting. 

Pertemuan virtual terus berlanjut. Sejumlah agenda yang disusun satu persatu tuntas, Registrasi (masuk link/invite host) Saling sapa, Pembukaan, Kata Sambutan dari salah satu senior tertua, Laporan kondisi terkini SISPALA SMA 2 Padang dari angkatan teranyar (Angkatan 30, 31, 32, 34), Sesi tanggapan, diskusi dan solusi dari perwakilan angkatan, hingga Pembahasan penggalangan dana yang ditutup dengan Kesimpulan dan penutup Moderator. 

"Usul ba nyeh 10 hari atau 20 hari setelah PSBB wak bae reuni massal SISPALA SMA 2 Padang. Titik kumpul di SMA Duo Padang," sebut Adrian Tuswandi alias Toaik, senior Sispala Angkatan IX (1989-1992). 

Di penghujung perjumpaan, semua tafakur mendoakan rekan-rekan lintas angkatan yang telah berpulang ke rahmatullah. Membacakan Al-Fatihah diiringi pemutaran video foto-foto kenangan para almarhum. 

"Menitik air mata mengenang senior-senior yang telah mendahului kita. Al-Fatihah untuk semua almarhum. Semoga Allah Subhana Wa Ta'ala menempatkannya di tempat terbaik, Aamiin". 

Halal Bi Halal virtual SISPALA SMA 2 Padang berakhir pada jam 16.00 WIB. Dalam kondisi negeri yang miris karena pandemi Covid-19, lintas angkatan SISPALA SMA 2 Padang memasukan agenda aksi sosial dalam waktu dekat yang diperuntukan bagi yang terdampak pandemi. 

Beberapa orang jurnalis yang ternyata anggota SISPALA SMA 2 Padang semasa di sekolah, serupa Toaik, Aspon Dede, Chail, Chaal dan lain-lain siap mendukung rencana aksi sosial tersebut.     

"Terima kasih atas partisipasi dan kehadiran kakanda dan adinda hari ini. Semoga bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang ada," tutup Chiap, sapaan familiar Sri Afrianis. (*)