POTRET : PSP U15 Juara Nasional Piala Soeratin 2019/2020, Penantian Yang Menjadi Kenyataan

POTRET : PSP U15 Juara Nasional Piala Soeratin 2019/2020, Penantian Yang Menjadi Kenyataan
Mahyeldi - Hendri Septa, Duet Pemimpin Kota Padang Bangga PSP U15 Juara Nasional/foto Robbi Sikumbang

Pelantang.id, PADANG - Penantian 44 tahun PSP Padang dalam meraih prestasi tertinggi di kancah sepakbola nasional terjawab sudah melalui tim usia muda U15 tahun. 

Tampil selaku juara nasional Piala Soeratin U15 2019/2020 adalah jawabannya setelah mengalahkan wakil Kalimantan Barat, Gabsis Sambas U15 dengan skor (2-1) di pertandingan puncak sekaligus penutupan rangkaian kompetisi PSSI 2019 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (29/2/2020). 

Euforia seluruh publik sepakbola Sumatera Barat langsung bergemuruh atas kesuksesan tim berjulukan Pandeka Bungsu itu. 

Memuncaki turnamen sepakbola tertua dan terbesar di kompetisi sepakbola Indonesia, bergulir pertama kalinya pada tahun 1965, membuat sepakbola ranah minang berbangga serta sangat mengapresiasi perjuangan tim asuhan Tri Gustian, Muhammad Jeki, Putra Syabilul Rasyad. 

Saat kepulangan ke Padang, Tri Gustian dan anak asuhnya disambut meriah sejak kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Minggu (1/3/2020). Perjuangan dengan meninggalkan orang tua selama dua minggu yang tidak sia-sia. Piala Bergilir Soeratin U15 dibawa serta.  

Muhammad Touriq dan kawan-kawan disambut langsung Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah dengan jajarannya. Pelukan hangat untuk pahlawan-pahlawan olahraga yang telah mengharumkan nama Kota Padang dan Sumatera Barat., satu persatu diberikan pemimpin Kota Padang ini.

Juga kalungan bunga untuk Ketua Umum PSP Padang, Hendri Septa, yang menjadi saksi sejarah di pertandingan final PSP U15 (Sumbar) vs Gabsis Sambas (Kalbar) ditingkahi pelukan hangat sang Walikota. 

Lepas dari BIM, Tim Pandeka Bungsu diarak menuju Palanta Rumah Dinas Walikota, Jalan Ahmad Yani. Duet pemimpin Kota Padang, Mahyeldi dan Hendri Septa ikut nimbrung dalam arak-arakan tersebut. Melepaskan tawa sumringah sepanjang jalan. 

Meski diguyur hujan di tengah perjalanan, keduanya tetap menikmati lambaian tangan masyarakat yang menanti iring-iringan sang pemenang. Hujan yang tercurah seakan langit ikut bersenang dengan kemenangan PSP U15. 

Semua menguapkan kerinduan yang panjang setelah lama terdiam dari prestasi. Nun di masa silam, 1976, PSP Yunior pernah mencapai final Piala Soeratin (U-18). Namun melawan Persebaya Yunior, takluk (0-1). Delapan tahun kemudian,1984. PSP Yunior kembali cicipi final. Tapi gelar juara kembali gagal direbut. PSP Yunior takluk dari Persikasi Yunior (1-2). 

"Penantian panjang  jadi jawaban yang ditunggu-tunggu setelah PSP lama minim prestasi. Kita selalu evaluasi segala kelemahan dan kekurangan. Alhamdulillah, perlahan bisa membaik dan "mambangkik batang tarandam" dengan diwakili oleh PSP U15," ujar Hendri Septa, Ketua Umum PSP. 

"Tapi, kami tetap tidak berpuas hati. Perjuangan tidak boleh berhenti sampai disini. Kita tidak akan berpuas diri. Musim 2020 sudah menanti. Semua terus berlanjut. Kita susun lagi sebaik mungkin untuk persiapan tim PSP. Baik senior maupun U17 dan U15," lanjutnya. 

"Terima kasih kepada orang tua semua pemain yang telah mengizinkan anak anak meninggalkan mereka dalam waktu cukup lama. Atas nama pribadi dan PSP Padang, saya mengucapkan terima kasih sekali," tutup Wakil Walikota ini

Sementara sebagai pembina PSP Padang, Mahyeldi meminta pelaku-pelaku sepakbola Kota Padang memperbanyak kompetisi sepakbola usia muda.

"Inilah sejarah baru Kota Padang. Memberitahukan PSP sudah bangkit. Tapi prestasi ini harus yang disikapi dengan memperbanyak kompetisi-kompetisi sepakbola usia muda," sebut Mahyeldi dalam jamuan makan malam untuk skuad PSP U15. (**)

Skuad PSP U15 Tahun 2019/2020
Muhammad Zaky Zahdi, Dicky Aidil Gusdira, Aldo Fernandi (PENJAGA GAWANG); Altaf Hafizun, Daffa Chairi Orakel, Januardi Rahmad Dwi Ananda, Heru Zambari, Marchel Fajar Ramadhan, Yoga Pratama Idris, Ufo Trinando, Reval Adhitya, Muhammad Touriq (c), Isya’ Alfiyah Dattul Kahfi, Adib Arya Putra (BELAKANG) Abraham Febrian, Rrizky Rajasa Nasution, Jivaldo Tri Oktorizon, Bima Hidayatullah, Valdezzo D’batygoal , Hardyansyah, Heru Peprian, Muhammad Zikri Fajri, Haviv Mumtaza, Al Fadhil Gusva Putra, Zulkifli Yahya (TENGAH); Figo Amri, Angga Pratama, Muhammad Dani Armeza Putra, Muhammad Delon Dwison, Farhan Habibi

Hasil Lengkap Pertandingan PSP U15

- PENYISIHAN GRUP A : vs Babel (1-0); vs Kaltara (2-1); vs Jogyakarta (0-1)

- 16 BESAR : vs Sulsel (2-0)

- 8 BESAR : vs Babel (2-1)

- SEMI FINAL : vs DKI (1-0)

- FINAL : vs Kalbar (2-1)