POPWIL 2018 : Diperkuat Bek Timnas Indonesia U-16, Tim Sepakbola Sumbar Tekuk Riau (2-1)

POPWIL 2018 : Diperkuat Bek Timnas Indonesia U-16, Tim Sepakbola Sumbar Tekuk Riau (2-1)
Tim Pelajar Sumbar mendengar pengarahan pelatih kepala Dedi Umar dan asistennya/ist

Pelantang.id - Tim sepakbola Sumbar yang bertarung pada salah satu cabang olahraga ajang POPWIL (Pekan Olahraga Pelajar Wilayah) 2018 di Aceh, memetik poin penuh dengan menumbangkan Tim Sepakbola Riau (2-1) pada laga perdana grup B di lapangan sintetis Lhong Raya, Banda Aceh, Senin (22/10 ).

Sumbar yang diperkuat bek Timnas Indonesia U-16, Fadillah Nur Rahman melesatkan dua gol kemenangan pada menit 7' melalui Genta Alfaredi dan Geno Nofriansyah menit 78'. Sedangkan Riau membalas pada menit 25'. Namun skor akhir (2-1) untuk kemenangan Sumbar.

Keterangan ini disampaikan asisten pelatih Tim Sepakbola Sumbar, Dodi Hirwan kepada Pelantang.id, via sambungan telepon selulernya, Senin malam.

"Alhamdulillah, main perdana kita menang (2-1) atas Riau. Ini modal penting kita untuk laga selanjutnya, besok melawan Jambi," ujar Leo, sapaan familiarnya.

Melawan Jambi, Leo mengatakan Fadillah Nur Rahman dan kawan -kawan bertekad kembali bermain maksimal agar peluang lolos ke semi final dari grup A terjaga.

Itu karena persaingan di grup B berbeda dengan dengan Grup A yang hanya dihuni tiga tim, tuan rumah ACeh, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung. 

Sedangkan Grup B yang ditempati Sumbar dihuni tim-tim kuat, Sumut, Jambi dan Riau.

"Sedapat mungkin melawan Jambi kita tidak boleh kehilangan angka. Semaksimal mungkin adalah poin penuh. Karena pada parati terakhir kita akan bertemu Sumut," ulasnya.

Menilik kehadiran Fadillah Nur Rahman di skuad Sumbar, Leo menyebutkan cukup mengangkat kekuatan tim mereka. Ketenangan dan pengalaman Fadillah yang sekarang bersekolah di SKO Ragunan sangat membantu kinerja tim.

"Fadil bisa mengontrol teman-temannya dalam menjalankan taktik dan strategi pelatih kepala Dedi Umar. Ketenangannya di lini belakang menambah kepercayaan diri rekan-rekannya. Tapi secara keseluruhan, anak-anak bermain kompak. Mudah-mudahan mereka konsisten di pertandingan selanjutnya," ujar pemilik lisensi kepelatihan C AFC itu.

Sumbar merupakan pemegang medali emas sepakbola POPWIL 2016 di Pekanbaru. Pada tahun ini kembali menargetkan diri pertahankan prestasi itu dan lolos ke hajatan selanjutnya POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2019 nanti.  

Bermaterikan mayoritas pemain-pemain tim sepakbola PPLP Sumbar, anak asuh trio pelatih Dedi Umar Putra, Dodi 'Leo' Hirwan dan pelatih kiper Depta diperkuat dua pemain jebolan Timnas Indonesia, Fadillah Nur Rahman dan Gusvio Harfiandi, Timnas Pelajar Indonesia.

"Target kita memang lolos ke POPNAS 2019. Mohon doa dan dukungan publik sepakbola Sumatera Barat," tutupnya.  (*)

Tim Sepakbola Pelajar Sumbar di POPWIL 2018 Aceh :
PELATIH : Dedi Umar Putra (Pelatih Kepala), Dodi Hirwan, Depta
PEMAIIN : Randi Wefa, Auriza Yoga (PG); Fadillah Nur Rahman, Irvan Putra, Ihsan Nur Zikrak, Nicolas Saputra, Taufik Alif, Angga Guciano, Prasetyo, Dadang Kurni Fajri, Darfa Putra Khair, Jofrizal, Dwi Geno, Eki Saputra, Rafli Rizki Ananda, Gusvio Harfiandi, Miftahul Farid, Genta Alfaredo  

JADWAL PERTANDINGAN :
Senin (22/10) vs Riau
Selasa (23/10) vs Jambi
Rabu (24/10) vs Sumut