Minangkabau Cup II-2018/2019 Kab. Limapuluh Kota Ditutup, Kecamatan Guguak, Luak dan Akabiluru ke tingkat Sumbar

Minangkabau Cup II-2018/2019 Kab. Limapuluh Kota Ditutup, Kecamatan Guguak, Luak dan Akabiluru ke tingkat Sumbar
Kapten Tim Guguak, Nando menerima Piala dari Wabup Ferizal Ridwan yang didampingi Ketua Panpel Sumbar Tria SUprajeni/istimewa

Pelantang.id - Hajatan Minangkabau Cup II-2018/2019 zona Kab. Limapuluh Kota berakhir dengan lanjutnya Kecamatan Guguak, Luak dan Akabiluru  sebagai tim pemenang yang mewakili daerah mereka ke putaran final tingkat Sumbar, Februari mendatang. 

Itu setelah dua pertandingan terakhir, Selasa (15/1) yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati H. Ferizal Ridwan beserta segenap jajaran Forkopimda Kab. Limapuluh Kota menjadi partai puncak yang paling menarik dan seru bagi 1000-an lebih penonton yang datang ke lapangan sepakbola Gelora Bakti, Tanjung Jati, Guguak. 

Main pertama jam 14.00 WIB,  sudah menyajikan pertarungan sengit perebutan juara ketiga, Kec. Payakumbuh versus Kec. Akabiluru.  

Kedua tim yang kalah di semi final ini saling serang. Bermain terbuka mengejar kemenangan. Satu tempat tersisa dari tiga jatah Kab. Limapuluh Kota ke tingkat Sumbar memicu laga berjalan cepat sejak kick-off  dibunyikan wasit Junefki Niferita. 

Kec. Akabiluru unggul cepat via gol kapten tim Ismail Hadi di menit 3'. Anak asuh pelatih Ber Messi bahkan menjauhkan margin gol saat babak kedua memasuki menit 48' melalui M. Firlana Putra. 

Kec. Payakumbuh yang dikomandoi kapten tim Enggi Pagama berusaha terus menciptakan gol balasan. Usaha keras mereka berhasil di menit 54'. Irsan Dio Rama menggetarkan gawang Akabiluru yang dikawal M. Abdul Gafar. 

Mampu menipiskan ketinggalan, tim asuhan Etmon makin termotivasi samakan skor. Akabiluru pun tak ingin kembali kecolongan. Tensi laga memanas.

Hingga menit 85', insiden antara pemain terjadi dan berakibat kartu merah untuk bek Kec. Payakumbuh Fiki Agusri. 

Kalah jumlah pemain. Kec. Payakumbuh tak kuasa melahirkan gol kedua mereka. Akabiluru mengunci kemenangan ((2-1) yang berbuah tiket lolos ke putaran final zona Sumbar. 

Guguak vs Luak 

Main kedua, partai pamungkas juga tak kalah menarik. Meski sudah sama-sama lolos ke zona Sumbar, namun kedua kubu terpantik adu gengsi, siapa pemegang tahta sesungguhnya Kab.Limapuluh Kota edisi 2018/2019. 

Plus aroma balas dendam duel ulangan final tahun 2017, meningkatkan spirit pemain-pemain Guguak maupun Luak bermain saling menekan. 

Tetapi, Guguak yang bermain di lapangan sendiri plus dukungan masyarakatnya, tampil perkasa, meredam perlawanan skuad Luak. Skor (3-1) mengakhiri permainan yang diadili oleh wasit nasional Beni Andriko.

Kab. Limapuluh Kota melahirkan juara 1 Kec. Guguak, juara 2 Kec. Luak dan juara 3 Kec. Akabiluru. 

Penutupan

Pada seremonial penutupan dan penyerahan hadiah bagi pemenang, Ketua Panpel Provinsi Sumbar, Tria Suprajeni yang didampingi jajarannya Sekretaris Nofrialdi Nofi Sastera, Wakil Bendahara Ganefardi dan Direktur Kompetisi Yulius Dede, mengatakan rasa salut kepada panitia lokal zona Kab. Limapuluh Kota yang sukses menyelenggarakan semua pertandingan dengan lancar, aman, penuh kehebohan di semua venue pertandingan. 

Om Ola, sapaan akrabnya memuji kekompakan panitia zona Kab. Limapuluh Kota dalam mengemas kualifikasi di daerah mereka. 

"Saya lihat sendiri di pertandingan terakhir, final dan penutupan zona Limapuluh Kota semarak dan meriah. Panitia menata dan mengemasnya dengan kreatif. Walau cuma lapangan kampung tapi sekelilingnya penuh penonton yang datang dan menyaksikan. Antusiasisme luar biasa," ujar Om Ola kepada pelantang.id, Rabu (16/1).

"Disisi kualitas, ke-4 Tim kecamatan tadi permainan mereka menarik. Terlihat memiliki pemain-pemain bertalenta. Inilah yang jadi tujuan Minangkabau Cup, mencari dan memberi kesempatan munculnya pesepakbola-pesepakbola handal, masa depan Sumatera Barat," tutupnya.  

Best Player : Ary Aulia Rahmat (Guguak)

Daftar Pemenang : 
Juara 1 : Kec. Guguak
Juara 2 : Kec. Luak
Juara 3 : Kec. Akabiluru 
Best Player : Ary Aulia (Guguak)
Top Scorer : Jovi Destrois (11 Gol/Kec. Payakumbuh)

Top Scorer: Jovi Destrois (Kec. Payakumbuh)

CATATAN : 

- Total Jumlah Pertandingan : 23 Laga
- Total Jumlah Gol Tercipta : 142 Gol
- Tim.paling produktif : Kec Payakumbuh (18 Gol)
- Tim paling banyak kebobolan : Kec. Pangkalan (13 Gol)