Liga Desa Nusantara 2019 seri Kab. Limapuluh Kota Bergulir di Nagari Kubang 13 - 24 Juli, Kuota Terbatas, Ini Regulasinya !

Liga Desa Nusantara 2019 seri Kab. Limapuluh Kota Bergulir di Nagari Kubang 13 - 24 Juli, Kuota Terbatas, Ini Regulasinya !
logo LDN/foto by Google

Pelantang.id - Liga Desa Nusantara 2019 bakal bergulir di Kabupaten Limapuluh Kota, 13 - 24 Juli di lapangan sepakbola Nagari Kubang, Kecamatan Guguak.  

Penunjukan Nagari Kubang sebagai venue pertandingan disampaikan oleh Panitia Pelaksana (Panpel) Liga Desa Nusantara (LDN) 2019, Koordinator Provinsi Sumbar Renol Fadhli, Selasa (25/6) pasca meninjau langsung lapangan sepakbola di salah satu kecamatan di Kab. Limapuluh Kota itu pada Minggu (23/6). 

Renol Fadli alias Palek, sapaan familiarnya, membenarkan Kab. Limapuluh Kota menjadi daerah pertama selain empat daerah Kabupaten lainnya di Sumbar yang telah mendapatkan penetapan Panpel Nasional untuk menggulirkan LDN 2019 naungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.    

"Kita sudah meninjau lapangan pertandingan di Nagari Kubang. Memang ada sedikit pembenahan yang harus segera di lakukan panitia lokal. Seperti kontur tanah beberapa sisi lapangan yang harus didatarkan. Kemudian gawang. Tetapi secara umum layak untuk menjadi venue untuk seri Kab. Limapuluh Kota," tuturnya kepada sejumalh wartawan di Padang, Rabu (26/6).     

Dalam rapat kecil dengan panitia lokal yang ditunjuk di kantor Wali Nagari Kubang, Palek menyampaikan telah mensosialisasikan semua hal-hal teknis terkait penyelenggaraan pertandingan nantinya. Termasuk arahan segala persiapan awal yang akan dilaksanakan.  

"Teknis penyelenggaraan dan Regulasi Liga Desa Nusantara 2019 juga telah kita (Palek) terangkan poinnya satu per satu kepada panitia lokal. Dibahas dan dipahami agar pelaksanaan seri Limapuluh Kota berjalan lancar, aman dan tanpa kendala. Kitapun dari Koordinator Provinsi Sumbar akan langsung mendampingi mereka," terangnya. 

Menyoal regulasi, pemain yang boleh bermain adalah kelahiran per 1 Januari 2000 sampai 31 Desember 2001. Dibawah itu, serupa kelahiran 2002 dan setelahnya tidak bisa. 

Kuota per tim Nagari 18 pemain. Semuanya didaftarkan harus memiliki KTP dan KK dimana mereka berdomisili (Desa/Nagari masing-masing). Dilengkapi akte kelahiran, ijazah terakhir, Surat Keterangan Kesehatan dari Puskesmas atau Rumah Sakit dan pas foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar. Catatannya pemain yang sudah terdaftar tidak boleh diganti. Sama dari seri Kabupaten, Provinsi dan Nasional.  

"Biaya pendaftaran Rp.300ribu. Peserta terbatas. Pendaftaran sudah dibuka dari tanggal 25 Juni sampai 5 Juli. Kuota Terbatas. Jadwal skrining dan pertemuan teknik (technical meeting) 6 Juli. Jadwal perrtandingan Start 13 Juli, Finish 24 Juli. Juara pertama lolos ke seri Provinsi Sumbar, 15 - 18 Agustus. Setelah itu Juara Sumbar berlaga ke seri Nasional, 23 - 27 September," ulas Palek. 

Namun untuk lebih lengkapnya informasi menyoal formulir pendaftaran yang menjadi syarat pengesahan keikutsertaan di LDN 2019 seri Kab. LimapuluhKota, Palek menyebutkan untuk dapat langsung menghubungi Panitia Lokal yang dikoordinir Wali Nagari Kubang, Muslim. 

"Panitia Lokal akan menyebarkan undangan kepada Kepala Desa, kalau di Sumbar setingkat dengan Wali Nagari. Undangan itu disertai regulasi pertandingan dan seluruh formulir persyaratannya," tutupnya. 

Sementara itu, Muslim selaku pucuk pimpinan administrasi Nagari Kubang mengapresiasi tinggi penunjukan daerahnya selaku venue pertandingan. Dengan adanya LDN di Nagari Kubang dapat membangkitkan lagi animo masyarakat disana terhadap olahraga persepakbolaan.

"Nagari Kubang telah lama berdiam diri dalam hal persepakbolaan. Mudah-mudahan dengan kepercayaan yang diberikan pihak Panpel Provinsi Sumbar bisa menggairahkan lagi animo anak Nagari Kubang. Kamipun sebagai panitia lokal akan bekerja semaksimal mungkin menyukseskan penyelenggaran Liga Desa Nusantara 2019 ini," jelasnya. (*)