KLB PSSI Selesai, Tidak Ada Putra Sumbar Duduk di Exco

KLB PSSI Selesai, Tidak Ada Putra Sumbar Duduk di Exco

Pelantang.id, JAKARTA - Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI sudah rampung digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11) malam. Namun, dalam pemilihan pimpinan PSSI periode 2019-2023 itu, itu tak ada satupun dari Sumatra Barat yang terpilih dalam Excecutive Comitte (Exco). 

Berbeda dengan kepengurusan sebelumnya terdapat dua Exco dari Sumbar, yakni Refrizal dan Verry Mulyadi. Namun, walau keduanya kembali maju mencalonkan diri, tapi keduanya tak terpilih. Selain itu, dua putra Sumbar lainnya yang juga mencalonkan diri, Andre Rosiade dan Indra Dt Rajo Lelo, juga gagal.    

Sementara, jabatan Ketua Umum PSSI periode 2010-2023 didapatkan oleh Komjen Pol Mochamad Iriawan. Pria yang akrab dipanggil Iwan Bule itu menang mutlak dengan perolehan 82 suara dari 86 voters. 

Sementara tiga suara lainnya tidak sah dan satu lagi tidak masuk (Vijaya Fitriyasa pemilik Persis Solo keluar dari Kongres).

Sementara itu, Iwan Budianto dan Cucu Sumantri terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI periode 2019-2023. Dalam proses pemilihan, Cucu Soemantri memperoleh sebanyak  81 suara, sedangkan Iwan Budianto mendapat dukungan 74 suara. 

Setelah memilih Ketum dan dua Waketum berlangsung, KLB PSSI giliran memilih 12 anggota Exco PSSI. Penentuan pemilihan anggota Exco PSSI terjadi cukup lama jika dibanding pemilihan Ketum dan Waketum.

Penentuan anggota Exco yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB baru selesai pada pukul 20.30 WIB. Berikut daftar nama 12 anggota Exco PSSI beserta perolehan suaranya.

Yoyok Sukawi, 45 suara 
Dirk Soplanit,  62 suara 
Endri Erawan, 44 suara
Haruna Soemitro, 45 suara
Hasnuryadi Sulaiman, 44 suara
Juni Rahman, 45 suara
Pieter Tanuri, 52 suara
Sonhadji, 58 suara
Ahmad Riyadh, 55 suara
Yunus Nusi, 44 suara
Hasani Abdulgani, 49 suara
Vivin Cahyani, 47 suara