Kalah di Laga Terakhir vs Sumut, Tim Pra PON Futsal Sumbar Dipastikan Absen di PON 2020 Papua

Kalah di Laga Terakhir vs Sumut, Tim Pra PON Futsal Sumbar Dipastikan Absen di PON 2020 Papua
Sanjaya dan kawan-kawan gagal ke PON 2020 Papua

Pelantang.id, JATINANGOR - Anti klimaks dialami Tim Pra PON Sumbar di ajang kualifikasi PON 2020 yang berakhir di di GOR ITB Jatinangor, Rabu (18/12). 

Sumbar yang dalam dua laga sebelumnya diatas angin pasca dua kali menang kontra Jambi (2-0) dan Aceh (2-1) sekaligus memimpin klasemen Grup A dengan poin 6, dalam laga ketiga, pamungkas, kalah tipis (3-4) dari Sumut. 

Jalannya Pertandingan Sumbar vs Sumut

Sumbar yang hanya butuh hasil seri di awal babak pertama langsung dikejutkan oleh gol pemain Sumut, Arif Fahrozi di menit 2'. Tertinggal, Sumbar menekan gencar permainan tim Sumut. Di menit 14', Muhammad Sanjaya berhasil menjebol gawang Sumut, yang dikawal Satria Yudistira. 

Skor (1-1), menaikan tempo pertandingan. Sumbar terus gencar mendikte Sumut. Tapi banyak peluang yang gagal dimaksimalkan. Hingga memasuki menit 19', Sumut justru kembali mengejutkan Sumbar. Gol kedua Sumut tercipta melalui Rifal Saragih dan menutup babak pertama, (1-2) untuk keunggulan Sumut.    

Di babak kedua, Sumbar langsung bermain agresif. Menguasai bola untuk menyamakan kedudukan. Sebaliknya, Sumut sabar meladeni dengan pertahanan ketat. Taktik ini cukup ampuh bagi Sumut. 

Skuad Sumbar yang banyak miss dan blunder dimanfaatkan pemain-pemain Sumut dengan counter attack cepat. Menit 31' dan 35', Arif Fahrozi menjauhkan keunggulan Sumut menjadi (1-4). 

Sumbar tersentak, taktik power play diterapkan pada lima menit sisa babak kedua. Dua gol yang dilesatkan Muhammad Sanjaya menit 37' dan Febi Perdana menit 38' mampu menepiskan skor (3-4). Hanya saja dua menit sisa babak kedua, tidak ada lagi gol tercipta. Kedudukan bertahan (3-4) untuk Sumut.

Kekalahan Sumbar, menyebabkan tiga tim sama-sama mengantongi poin 6, yakni Sumbar, Aceh dan Sumut. Diluar Jambi, ketiga tim juga saling mengalahkan. Sumbar menang (2-1) atas Aceh. Sedangkan Aceh unggul (3-2) dari Sumut. Serta Sumut versus Sumbar (4-3). 

Berdasarkan regulasi pertandingan, ada tiga tim yang punya poin sama dan ketiganya saling mengalahkan, maka yang diberlakukan adalah hitungan selisih gol antara duel ketiganya.

Namun, ketiga tim juga punya selisih gol sama, maka yang menentukan lolos adalah produktifitas gol. Disinilah Sumut punya gol average 6-6, Sumbar 5-5, dan Aceh 4-4. Sumut berhak lolos ke PON Papua. Mimpi Sumbar pun buyar ke Papua. 

"Tidak ada yang perlu dipersalahkan, karena kita sudah berusaha dan berjuang semaksimal mungkin. Tapi hasilnya tak berpihak kepada kita," ucap H. Yasman Yanusar, Ketua AFP Sumbar.

H. Yasman juga meminta maaf kepada masyarakat Sumbar, karena belum mampu memberikan hasil terbaik untuk Sumbar. (*).

HASIL LENGKAP PERTANDINGAN
Senin (16/12) 
- Aceh (3-2) Sumut
- Sumbar (2-0) Jambi
Selasa (17/12)
- Aceh (1-2) Sumbar 
- Sumut (4-2) Jambi
Rabu (18/12)
- Jambi (5-9) Aceh 
- Sumbar (3-4) Sumut