Erol Iba : Sang Petualang dari Papua, Menemukan Cinta Sejati di Semen Padang FC

Erol Iba : Sang Petualang dari Papua, Menemukan Cinta Sejati di Semen Padang FC

Padang, Pelantang – Mendengar nama Erol Iba, penikmat sepakbola Indonesia mungkin tak perlu berfikir panjang mengingat bek kiri asal Papua itu. Bersinar awal 2000-an, Erol Iba merupakan mantan pilar Timnas Indonesia dan banyak berpetualang di klub-klub besar Indonesia.

Erol piawai menjaga sektor kiri Timnas Indonesia dari serangan lawan. Kecepatan menjadi ciri khasnya saat menyisir sisi kiri Timnas Indonesia. Selain diberkahi dengan kecepatan, Erol Iba juga bagus dalam dribel bola, passing dan sangat agresif saat menyerang.

Tak pelak sejumlah klub Indonesia tergoda untuk memakai jasanya sebagai bek kiri berbakat pada saat itu. Erol Iba merupakan talenta asli dari tanah Papua. Lahir pada 6 Agustus 1979, Erol sudah menunjukkan talentanya sejak usia 19 tahun.

Petualangan ia sebagai pemain profesional dimulai di klub Semen Padang tahun 1998. Di tanah Minang ini Erol muda menjajakan kaki di kancah sepak bola Indonesia.

Bermula di Semen Padang, Erol memang berpindah membela klub-klub besar Indonesia. Sebut saja, Pelita Jaya, Arema FC, Persipura, Persebaya,  dan Sriwijaya FC. Hingga akhirnya mendapat kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia. Dari melalang buana bersama klub-klub besar Indonesia, Erol mendapat banyak kisah berharga.

Namun bagi Erol Semen Padang adalah klub yang memiliki kenangan tersendiri, walaupun ia telah bermain di banyak klub. Banyak kenangan dan pastinya berbeda-beda. Ada pahit ada senang. Tapi semua yang paling berkesan di Semen Padang, yang bisa jadi adalah klub yang jadi cinta sejatinya.

“Di Semen Padang saya pertama kali bermain dan di Padang saya mendapat istri. Yang paling berkesan adalah di Semen Padang saya mendapat hidayah untuk hijrah menjadi seorang mualaf,” kenangnya.

Erol memutuskan menjadi seorang muslim. Tepatnya pada tahun 2002 lalu ia memutuskan hijrah. Bukan perkara mudah seperti membalikan telapak tangan Erol memutuskan hijrah. Sebab ia setidaknya menggali lebih dalam dulu terkait ajaran Islam.

“Saya pertama melihat teman-teman sembahyang, saat puasa saya ikut puasa ya pokoknya saya pelajari dulu. selama empat tahun saya belajar dan akhirnya tahun 2002 saya memutuskan hijrah,”lanjut Erol, dikutip indosport.

Erol Iba sebagai seorang Muslim

Kini Erol pun telah mantap menjadi seorang muslim. Tak lupa di momen hari Ramadhan ini, ia begitu menikmati momen berpuasa. Terlebih momen puasa saat ini memiliki perbedaan.

Ya puasa kali ini memang harus dilalui bersama dengan masa pandemi Virus Corona. Sehingga membuat semua aktifitas terbatas dan hanya dilakukan di dalam rumah. Meski begitu ia mencoba mengambil hikmah dari ini semua.

“Ya puasa saat ini bisa sama keluarga, namanya lagi Pandemi jadi kegiatan juga diliburkan dan kita kembali di rumah. Kita ambil saja hikmahnya semoga ketika hari raya Pandemi Corona sudah usai,” tutup Erol.

Biodata
Nama Lengkap: Erol Iba
Tempat Lahir: Jayapura
Tanggal Lahir: 08 Juni 1979
Kebangsaan : Indonesia
Posisi: Bek Kiri

Karir:
1998–2002: Semen Padang
2002–2003: PSPS Pekanbaru
2004–2006: Arema Malang
2007–2008: Persik Kediri
2008–2009: Pelita Jaya
2009-2010: Persipura Jayapura
2010-2011: Persebaya 1927
2011-2013: Persebaya Surabaya (IPL)
2013-2014: Sriwijaya FC

Tim nasional
2001-2002: Indonesia U-23
2006-2009: Indonesia (15 caps)(*)