Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Piala Dunia

Dikalahkan Jepang, Timnas Indonesia U-19 Gagal ke Piala Dunia
Stadion GBK dipenuhi suporter Indonesia, dalam laga Indonesia melawan Jepang Minggu malam.

Pelantang.id - Mimpi Indonesia untuk tampil di Piala Dunia kembali sirna, setelah timnas Indonesia U-19 dikalahkan Jepang.di babak semi-final Piala Asia U-19 2018, "Garuda Nusantara"  ditumbangkan oleh Jepang dua gol tanpa balas, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (28/10) malam.

Kekalahan dengan skor 2-0 harus diderita  Garuda Nusantara. Y ang artinya, Indonesia kembali gagal tampil di Piala Dunia, yang tahun depan digelar di Polandia.

Babak Pertama

Indonesia dengan sabar mengawali pertandingan, sementara Jepang dibiarkan masuk ke area Indonesia demi kelancaran serangan balik. Upaya Hanis Saghara dan Witan Sulaeman nyaris membahayakan, namun akhirnya diredam bek lawan.

Pergantian dini dilakukan oleh Jepang, pada menit 16' Kanya Fujimoto meminta untuk diganti dan akhirnya ditukar Koki Saito. Indonesia benar-benar fokus menjaga pertahanan mereka, tapi pemain Jepang cukup licin untuk bisa mencuri ruang.

Menit ke-29 Indonesia mendapat peluang dari tendangan bebas, Saddil Ramdani yang menjadi eksekutor mengirim bola ke kotak penalti. Arahnya tajam dan nyaris bisa disambut oleh Syahrian Abimanyu, tapi akhirnya hanya melenceng dari gawang.

Abimanyu membuat pelanggaran berbahaya dekat area kotak penalti Indonesia, tendangan bebas dari jarak ideal didapatkan Jepang. Takefusa Kubo, si 'Lionel Messi Jepang', menjadi penendang dan untungnya bola menyasar ke samping.

Beberapa saat kemudian giliran kerja sama Saddil dan Witan yang membahayakan gawang Jepang. Tapi tendangan dari Saddil menyasar ke samping gawang, suporter yang berada di GBK pun nampaknya amat cemas nan tegang pada laga ini.

Gawang dari Indonesia akhirnya jebol juga pada menit ke-40. Bukan melalui kerja sama kombinasi cantik, melainkan tendangan jarak jauh Higashi Shunki yang meluncur amat deras ke pojok gawang Indonesia kawalan Muhamad Riyandi. 1-0.

Babak Kedua

Hujan mulai membasahi GBK menjelang babak kedua dimulai, Indonesia melakukan pendekatan yang berbeda demi mengejar ketertinggalan. Pertahanan Indonesia tidak sedalam babak pertama, yang artinya Jepang akan lebih berbahaya.

Kans dari Indonesia pada menit 51', sayangnya tendangan Luthfi Kamal dari jarak jauh tak menuju sasaran. Indonesia lebih berani dalam menyerang seiring dengan keadaan, tapi hujan makin deras dan jelas bukan hal mudah untuk kedua tim.

Penetrasi Indonesia mulai bisa menembus pertahanan Jepang, tapi hingga menit ke-65 belum ada tembakan ke gawang yang membahayakan gawang Jepang. Menit 68' tendangan bebas Saddil dari jarak dekat mampu ditepis oleh Kosei Tani.

Indonesia yang mulai asik menyerang malah akhirnya kembali dibobol oleh Jepang. Kali ini Taisei Miyashiro mencatatkan namanya di papan skor setelah tak dikawal di kotak penalti dan dengan mudah memperdaya Riyandi. 2-0 untuk Jepang.

Permainan Jepang begitu rapi, baik dalam bertahan mau pun menyerang. Bahkan serangan balik Jepang berulang kali nyaris saja membuat Indonesia kembali kebobolan. Skor 2-0 akhirnya bertahan hingga akhir laga. Indonesia masih sebatas 90 menit menuju Piala Dunia.

Susunan Pemain

Jepang : Kosei Tani; Higashi Shunki, Daiki Hashioka, Yukinari Sugawara, Kobayashi Yuki; Saito Mitsuki, Kanya Fujimoto (16' Koki Saito), Hiroki Abe (65' Kyosuke Tagawa); Takefusa Kubo (90' Ayumu Seko), Taisei Miyashiro, Hiroki Ito.

Indonesia : Muhamad Riyandi; Rachmat Irianto, Indra Mustafa, Kadek Raditya (74' Todd Rivaldo); Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Firza Andika; Saddil Ramdani, Hanis Saghara (89' Rafli Mursalim)