Demi Pilkada 2020, Sembilan Anggota DPRD Sumbar Ramai-ramai Undur Diri dari Parlemen

Demi Pilkada 2020, Sembilan Anggota DPRD Sumbar Ramai-ramai Undur Diri dari Parlemen
Sekretaris DPRD Sumbar Raflis /iko

Pelantang.id, Padang – Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 semakin dekat, pada 9 Desember 2020 mendatang, para kandidat yang maju pada kontestasi tersebut sudah selesai mendaftarkan diri, pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing – masing.

Dari seluruh kandidat yang bertarung di Pilkada 2020, di 8 kabupaten dan 3 kota, di Sumatera Barat, diantaranya 9 Anggota DPRD Sumbar terpilih pada Pileg 2019 lalu.

Kesemuanya wajib mengajukan pengunduran diri, demi merebut simpati masyarakat, serta menjalankan amanah undang-undang Pilkada.

Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi, pada wartawan mengatakan, surat pengajuan pengunduran diri 9 orang itu sudah masuk, selanjutnya tinggal  menunggu keputusan dari KPU Sumbar untuk menetapkan penggantian antar waktu (PAW).

“Partai Golkar ada tiga , Partai PAN ada dua, Demokrat dua, Gerindra satu dan PKS satu,” ujarnya merinci.

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis mengatakan, 9 anggota DPRD Sumbar memang telah menyerahkan surat pengunduran dir, dan tanda terimanya langsung diberikan oleh Sekretariat DPRD.

Sementara itu untuk proses Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPRD Sumbar, akan menunggu SK penetapan dari KPU dan setelah keluar SK dari  KPU baru berhenti secara regulasi.

“KPU mengusulkan nama ke DPRD calon legislatif nomor urut setelah yang mundur, dengan melampirkan berita acara perolehan suara dari partai dan dapil yang sama,” jelasnya.

Kesembilan wakil masyarakat di Parlemen itu adalah Benny Utama dari Partai Golkar dan Sabar AS dari Partai Demokrat yang menjadi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Pasaman.

Terdapat juga nama Khairunnas Dapil Solok Raya yang juga Ketua DPD Golkar Sumbar , maju sebagai calon bupati Solok Selatan.

Lalu ada Hamdanus dari fraksi PKS maju sebagai calon wakil bupati di Pilkada Pesisir Selatan yang berpasangan dengan Hendra Joni Bupati incumbent. Juga ada Darman Sahladi berasal dari fraksi Demokrat yang maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada 50 Kota.

Kemudian anggota DPRD Sumbar dari fraksi Golkar Syafaruddin Dt Bandaro Rajo maju sebagai calon bupati di Pilkada 50 Kota. Disamping itu ada anggota DPRD Sumbar dari fraksi Gerindra Tri Suryadi maju sebagai calon bupati di Pilkada Padang Pariaman bersama Taslim.

Seterusnya Andri Warman dari fraksi PAN maju sebagai calon bupati di Pilkada Agam berpasangan dengan Irwan Fikri. Dan anggota DPRD Sumbar dari fraksi PAN Yosrizal maju sebagai wakil bupati di Pilkada Dharmasraya.(iko-rel))