Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024

Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024
Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024
Bersama Gubernur, Wako Riza Falepi Kukukan Pengurus Cabang INKANAS Kota Payakumbuh Masa Bakti 2020-2024

Payakumbuh-Wali Kota Riza Falepi bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengukuhkan Pengurus Cabang (Pengcab) Institut Karate-Do Nasional (INKANAS) Kota Payakumbuh masa bakti 2020-2024 di Aula SMKN 2 Payakumbuh, Minggu (27/9).

Sensei Irwan Prayitno merupakan Karateka yang pernah mengikuti ujian teknik Dan 6 yang diuji langsung majelis dewan guru (MDG) dan majelis tinggi dewan guru (MTDG) PB INKANAS Pusat, sama dengan Gubernur terdahulu Gamawan Fauzi. Saat ini, Irwan Prayitno dipercaya sebagai Ketua Pengurus Daerah (Pengda) INKANAS Sumbar Periode 2016-2020.

"Pengukuhan Pengcab Padang Pariaman juga telah dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur, secara sederhana mengingat pendemi Covid-19," kata Irwan Prayitno.

Didampingi Sekretaris Pengda INKANAS Sumbar L. Siregar dan Ketua MSA Pengda INKANAS Provinsi Sumatera Barat Efriadi Sikumbang, dilaksanakan penyerahan Pataka dan pembacaan SK Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh dihadapan Karateka se Kota Payakumbuh dan Pengcab kota/kabupaten lainnya di Provinsi Sumbar.

Dua Karateka Payakumbuh Fadilla Rahmi dan Iklimatul Aimi merupakan perwakilan dari INKANAS yang berhasil mewakili Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Sumbar ikut dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2021 di Provinsi Papua bersama 6 atlet lainnya.

Seterusnya, ada Milioner dan Rama dari INKANAS Kabupaten Solok, serta Yayuk dari INKANAS Kota Padang, mereka dilatih oleh Pengda INKANAS Sumbar Senpai Zeli Arianto.

Pembinaan yang dilakukan di tingkat kota/kabupaten hingga provinsi ini mengantarkan Karateka di Sumbar menjadi juara di tingkat nasional, bahkan internasional. Dinilai Gubernur sebagai berkat dari kerja keras seluruh pengurus, sehingga membuahkan hasil yang nyata, dan progresnya jelas.

"Ini berkat latihan secara komprehensif dan tidak malas-malasan, ada latihan rutin membangun disiplin serta keahlian Karateka kita secara teratur dan tertib, insyaallah janji Allah itu nyata, kata kuncinya rajin latihan sesuai jadwal dan patuh serta taat kepada pelatih," ungkap Irwan.

Dengan adanya dua Karateka INKANAS Payakumbuh yang mewakili Sumbar ini ke ajang lomba yang lebih tinggi. Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi tinggi atas pembinaan itu. Karateka dinilai sebagai aset yang harus dijaga dan terus dibina.

"Prestasi yang ditorehkan semoga dapat memicu Pengcab lain untuk harus lebih rajin dan memantapkan Karateka mereka. Perhatian pengurus dan sinergi dengan pemerintah daerahnya sangat diperlukan juga untuk memacu bibit-bibit unggul yang akan mengharumkan nama daerah," kata Gubernur Irwan.

Wali Kota Riza Falepi mengucapkan selamat kepada Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh yang baru saja di lantik. Riza juga selalu mendukung pembinaan atlet olahraga termasuk keberadaan atlet INKANAS melalui penganggaran di Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga lewat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh.

"Tertumpang harapan agar Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh terus meningkatkan pelatihan-pelatihan dan pemantapan kepada calon bibit Karateka yang akan dibina dan direkrut di masa yang akan datang," harap Riza senada dengan Gubernur.

"Capaian atlet-atlet kita meraih juara membuat kita bangga sekali, namun kita tentu mengharapkan prestasi yang lebih banyak lagi," tambah Riza.

Mendukung itu, Riza juga sedang membangun Gedung Olah Raga (GOR) Type B untuk kebutuhan Olahraga dalam ruangan yang sudah berstandar nasional melalui dana alokasi khusus (DAK) di kawasan Batang Agam, tepatnya Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat. Selain itu Riza juga mengebut pembuatan Area Olahraga Terbuka di Kawasan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara.

"Mudah-mudahan seluruh sarana penunjang aktifitas olahraga masyarakat di Kota Payakumbuh yang kita bangun ini dapat memberikan kontribusi nyata guna memfasitasi atlet-atlet kita, serta menjadi sarana menuju masyarakat yang hidup sehat rajin berolah raga," harap Riza.

Dalam sepatah katanya, Ketua Umum Pengcab INKANAS Kota Payakumbuh Hamdi Agus didampingi Ketua Harian Sensei Eri Danus serta Ketua MSA  Muhammad Al Rego menyampaikan ucapan terimakasih atas mandat dan kepercayaan yang telah diberikan Pengda INKANAS Sumbar kepada dirinya dan pengurus.

"Mewakili seluruh pengurus, kita sampaikan apresiasi kepada gubernur dan wali kota, serta dukungan pengurus Pengcab dan Pengda INKANAS se Sumatera Barat, kita berharap dengan diberikan amanah ini dapat terus meningkatkan prestasi dan banyak melahirkan Karateka hebat untuk dapat terus bersaing di kancah nasional maupun internasional," kata Hamdi Agus yang juga merupakan Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Ketua Panitia Zul Hendra dan Sekretaris Dwina Susanti melaporkan kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Pengcab INKANAS se Sumatera Barat karena mengingat tidak boleh terlalu ramai dan berdesakan di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Kita juga sampaikan apresiasi kepada Kepala SMKN 2 Payakumbuh Dalius yang turut hadir dan membantu menfasilitasi keguatan kita ini," kata Zul Hendra.(rel/Dodi Syahputra)