Alumni Lintas Angkatan IKASMA 2 Padang JABODETABEK dan sekitarnya serahkan 43 buah Handphone Android ke Siswa-Siswi SMA 2 Padang

Alumni Lintas Angkatan IKASMA 2 Padang JABODETABEK dan sekitarnya serahkan 43 buah Handphone Android ke Siswa-Siswi SMA 2 Padang
Foto bersama Perwakilan Alumni dengan siswa-siswi SMA 2 Padang

Pelantang.id, PADANG - Proses Belajar Mengajar (PBM) di masa pandemi Covid-19 sekarang ini mau tidak mau harus dilakukan dengan metode jarak jauh, mempergunakan kemajuan teknologi informasi, memakai sistim jaringan komunikasi global (internet) atau dalam jaringan (daring-online) 

Keharusan model PBM ini, bagi siswa-siswi SD, SMP, SMA tentu membutuhkan semua hal yang berkaitan dengan sarana dan prasarana teknologi informasi. Menggunakan jaringan internet serta memerlukan alat perantara serupa laptop, gadget dan smartphone. 

Menyoal alat perantara itulah, Alumni Lintas Angkatan IKASMA 2 (Ikatan Alumni SMA 2) PADANG-JABODETABEK dan sekitarnya mengimplementasikan program yang mereka canangkan, "Peduli Pengembangan Pendidikan dalam Masa Pandemi COVID-19".

Salah satu bentuk kegiatannya adalah pendistribusian handphone android sebanyak 43 buah untuk siswa-siswi SMA 2 Padang yang terkendala dengan alat bantu pembelajaran dalam jaringan (daring-online). 

Penyerahan bantuan kepada pihak sekolah tempat semasa Alumni Lintas Angkatan IKASMA 2 Padang JABODETABEK dan sekitarnya ini pernah menempuh pendidikan lanjutan atas, dilakukan pada Kamis (10/9/2020) siang sekira jam 13.30 WIB, yang diterima Kepala Sekolah SMA 2 Padang, Drs. Syamsul Bahri, M.Pd.I. 

Seremonial itu turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Adib Alfikri dan disaksikan oleh alumni di rantau melalui siaran zoom meeting. Serta perwakilan Aaumni yang ada di Padang. 

Dalam momentum penyerahan, Hj Putty Jimmy Era Yulia Contesa, Alumnus Angkatan 1990 sekaligus Ketua Umum IKASMA 2 Padang JABODETABEK dan sekitarnya, yang hadir via zoom metting, mengatakan kegiatan tersebut bentuk kepedulian para alumni di rantau yang tak ingin melihat siswa-siswi sekolah SMA Negeri 2 Padang bermasalah dalam mengikuti PBM daring karena ketiadaan alat bantu.  

"Handphone android ini diberikan untuk membantu anak-anak (siswa-siswi) SMA 2 Padang Tahun Ajaran 2020-2021 yang tidak mampu. Dan Agar mereka tetap bisa mengikuti PBM daring," tutur Puti.  

"Dengan kebersamaan kita membantu generasi penerus untuk meraih cita-citanya. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala meridhoi dan memudahkan niat baik ini. Senyuman anak-anak kebahagiaan Kami, Aamiin Yaa Mujibasaaailin," ucap Putty menjelaskan. 

Uni Putty memberikan sambutannya via zoom meeting

Alumni Lintas Angkatan IKASMA 2 PADANG JABODETABEK dan sekitarnya, yang menginisiasi Program Peduli Pengembangan Pendidikan dalam Masa Pandemi COVID-19 ini cukup solid dalam membina kebersamaan di rantau. Diantara yang mendapat amanah duduk di struktur organisasinya adalah Ketua Dewan Pembina dan Penasehat, Darpin Manggus -Angkatan 1973. Sedangkan Ketua Dewan Pengarah, Tria Suprajeni -Angkatan 1983. 

"Saya sendiri selaku Ketua Umum dengan Ketua Harian, Uda Ronaldi Hafni, Angkatan 1984. Mewakili semuanya, saya menyampaikan terima kasih untuk semua alumni lintas angkatan yang telah berkontribusi besar dan bersama-sama meberikan peranan untuk kegiatan ini," tukas Putty. 

Di tempat yang sama, pihak SMA 2 Padang melalui Kepala Sekolah, Syamsul Bahri, mengapresiasi bantuan yang diterima. Ia menyampaikan terima kasih atas kepedulian alumni.

"Sejak Maret ada sebanyak 43 siswa yang terkendala dengan alat bantu PBM daring ini. Mereka kesulitan belajar karena ketiadaan HP. Selama tidak memiliki anak anak ini datang ke sekolah ke labor IT. Tapi hanya bisa selama seminggu," katanya.

"Terima kasih banyak atas bantuan alumni. Amalan dan ikhlas memberikan bantuan ini," sambungnya.

"Ini nilai moril yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Terima kasih banyak kepada Alumni Jabodetabek," tutupnya. (*)