Ali Mukhni: Di masa Pandemi ini Percepat Realisasi Anggaran agar Ekonomi Bangkit

Ali Mukhni: Di masa Pandemi ini Percepat Realisasi Anggaran agar Ekonomi Bangkit
Ali Mukhni bersama Pedagang di Pasar Kota Payakumbuh, Senin (5/10)/Foto.dok

Pelantang.id, PAYAKUMBUH - Pandemi Covid-19 telah membuat dunia usaha terseok-seok. Karena itu, untuk mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah daerah kabupaten dan kota harus fokus untuk mempercepat realisasi anggaran. 

Hal itu diungkapkan Ali Mukhni, Bupati Padang Pariaman yang maju jadi Calon Wakil Gubernur ini, saat bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Kota Payakumbuh, Senin (5/10) lalu. 

Menurut Ali Mukhni, kepala daerah harus merancang program pemulihan ekonomi di saat pandemi Covid-19 dan ini harus dilakukan dalam jangka pendek sehingga adanya pergerakan ekonomi secara masif.

"Dalam kondisi saat ini, yang diharapkan hanya satu yaitu belanja pemerintah, spending kita. Oleh sebab itu jangan sampai ada yang ngerem. Kalau ekonomi ingin cepat pulih, semua belanja harus dipercepat, kuncinya hanya disitu," ujar Ali Mukhni.

Satu hal yang tak kalah pentingnya, lanjut Ali Mukhni yang Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat ini, adalah koordinasi dan penyederhanaan pencairan keuangan. Biasanya pekerjaan proyek lebih cepat daripada realisasi keuangannya. Jadi, butuh komitmen penyelenggara pemerintahan yang tentunya tetap memegang prinsip kehati-hatian dan akuntabilitas. 

“Untuk mempercepat pencairan anggaran, makanya diperlukan penyederhanaan pencairan anggaran,” terang pasangan Cagub H. Mulyadi itu. 

Ali Mukhni beralasan, percepatan realisasi belanja pemerintah daerah karena dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, sektor investasi dan retribusi daerah tidak bisa diharapkan. Rata-rata di semua kabupaten dan kota juga mengalami penurunan Pendapatan Asli Daerah.

"Kita amati pada pengesahan APBD Perubahan 2020, seluruh daerah menurun pendapatannya. Jadi Sumbar harus bangkit ekonominya, daya beli harus mengeliat," ujarnya. 

Di Padang Pariaman, kata Ali Mukhni dalam lima tahun terakhir, selalu menjadi daerah realisasi anggaran tertinggi di Sumbar. Terakhir tahun 2019, realisasi mencapai 95,46%. Tentunya ini sebagai bukti komitmen daerah dalam memacu pertumbuhan ekonomi. 

"Sekarang kita udah masuk kuatal IV, kita pacu realisasi anggaran. Semakin cepat realisasi, semakin cepat ekonomi bergerak. Pasar jadi ramai sehingga ekonomi Sumbar bisa bangkit," kata Ali Muikhni yang juga Ketua Alumni UNP itu. (**)