Tips  

5 Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp Paling Manjur!

Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp

Bagaimana cara memperbaiki penangkap sinyal Hp? Salah satu masalah yang cukup mengganggu dari penggunaan Hp adalah sinyal. Entah itu sinyal yang hilang, sinyal yang lemot, atau bahkan jaringan yang tidak terdaftar.

Untuk masalah sinyal yang hilang sendiri, biasanya hal ini terjadi karena lemahnya penangkap sinyal untuk mendeteksi radiasi sinyal yang ada di sekitar perangkat.

Lantas, bagaimanakah cara untuk kembali mendapatkan sinyal ketika dalam keadaan sinyal menghilang? Ikuti berikut ini beberapa caranya.

Cara Memperbaiki Penangkap Sinyal Hp

1. Restart Perangkat Hp

Metode pertama yang dianjurkan pada masalah ini adalah untuk me -restart perangkat Hp secara berkala. Salah satu penyebab mengapa sinyal Hp hilang adalah karena sebuah kerusakan yang terjadi pada sistem dalam Hp. Bukan soal kerusakan saja, terkadang masalah sinyal ini disebabkan oleh bug pada sistem.

Untuk itu, salah satu cara perbaikan yang dianjurkan adalah dengan me -restart Hp. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan restart perangkat ini sebenarnya tidak lama.

Namun, harus disertai dengan kesabaran. Tidak jarang beberapa perangkat merupakan Hp yang harus menunggu cukup lama ketika dihidupkan kembali.

2. Aktifkan Mode Pesawat Sementara

Selain mengembalikan sinyal dengan cara me -restart Hp, pemilik Hp juga bisa mencoba cara lain yaitu mengaktifkan mode pesawat secara sementara.

Seperti yang diketahui, mode pesawat merupakan sebuah mode di mana umum diaktifkan ketika pemilik Hp sedang ada di pesawat.

Mode pesawat ini bisa memutus semua jaringan dan sinyal ketika dihidupkan. Mengaktifkan kemudian menonaktifkan kembali mode pesawat merupakan salah satu cara jitu untuk mengembalikan sinyal Hp yang hilang.

Penyebab kehilangan sinyal Hp yang bisa diatasi dengan cara ini adalah sinyal HP yang hilang karena bug pada sistem juga.

3. Cek Ulang Pengaturan SIM

Pada setiap ponsel, pastinya memiliki sebuah pengaturan kartu SIM. Pada pengaturan tertentu semua hal yang bersangkutan dengan sinyal dan jaringan akan diatur. Mungkin pada salah satu bagian pengaktifan ternyata kartu SIM belum diizinkan untuk digunakan.

Hal ini tentu dapat menjadi penyebab mengapa sinyal hilang. Untuk itu, satu dari sekian cara memperbaiki penangkap sinyal Hp adalah dengan mengecek ulang pengaturan kartu yang ada di menu setelan.

Lihat kembali apakah ada pengaturan yang belum disetel atau sejenisnya dan segera membenarkan sesuai ketentuan.

4. Cek Kartu SIM

Selain mengecek pengaturan kartu SIM yang ada pada menu setelan, akan lebih baik lagi apabila pemilik Hp sendiri mengecek secara langsung posisi kartu SIM pada kuningan kartu.

Meskipun jarang terjadi, namun salah satu penyebab yang cukup masuk akal dari hilangnya sinyal adalah kartu tidak terpasang dengan benar.

Terlebih lagi dengan bentuk kartu SIM yang digunakan pada kebanyakan provider sekarang. Bentuk kartu SIM didominasi dengan ukuran yang sangat kecil sekali hingga rawan bergeser dari kuningan yang seharusnya. Untuk itu baik sekali agar mengecek posisi kartu sekalian.

5. Pindah Lokasi

Satu alasan dari sejumlah banyak alasan lainnya tentang mengapa sinyal Hp hilang adalah karena lokasi yang tidak tepat.

Terkadang, provider itu memiliki batasan lokasi sendiri. Apabila seorang pengguna ponsel keluar dari jangkauan sinyal, maka otomatis sinyal Hp akan hilang juga.

Cara mengatasinya yang paling simpel adalah cukup pindah tempat saja. Apabila pengguna sedang berada di dalam tempat yang agak menjorok ke dalam atau lebih gelap, maka biasanya sinyal tidak akan tertangkap oleh Hp. Untuk itu, silahkan pindah atau geser ke tempat yang lebih terjangkau dengan sinyal.

Itulah sejumlah cara memperbaiki penangkap sinyal Hp untuk kembali mendapatkan sinyal yang bisa untuk dicoba.

Silakan menggunakan cara-cara tersebut apabila ponsel sudah benar-benar kehilangan sinyal. Mungkin saja masa aktif atau masa tenggang dari kartu yang sedang digunakan sudah habis. Untuk itu cobalah mengecek kembali masa tenggang dari kartu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *