4 Cara Mengaktifkan Webcam di PC Windows 10, Meeting Secara Daring Jadi Lancar

Cara Mengaktifkan Webcam di PC Windows 10

Berbagai aktivitas daring menjadi kebutuhan akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan melalui video, maka masyarakat harus dapat menggunakan teknologi. Tetapi, sudah taukah cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10?

Cara menyalakan kamera laptop merupakan salah satu hal yang perlu diketahui. Pasalnya, hampir semua aktivitas virtual mengharuskan menggunakan kamera video laptop. Jika tidak yakin bagaimana menjalankannya, lanjutkan membaca artikel di bawah sampai akhir.

Cara Mengaktifkan Webcam di PC Windows 10

Di Windows, webcam laptop adalah aplikasi eksternal yang diinstal secara default. Akibatnya, perlu mengetahui cara mengaktifkan webcam dengan benar di PC Windows 10. Berikut ini adalah tahapannya.

1. Pemeriksaan Perangkat

Pertama-tama harus menentukan apakah webcam komputer terdeteksi. Maka dapat mengetahuinya dengan mengklik logo bendera Windows di pojok kiri bawah layar, memilih Taskbar, lalu mengklik panel kontrol. Setelah itu, dapat memilih untuk masuk ke Device Manager atau Hardware and Sound.

Kemudian harus mencari item kamera untuk melihat apakah kamera terdeteksi di PC. Langkah selanjutnya adalah mencari item kamera dan menentukan apakah PC telah mendeteksi kamera atau tidak. Jika sudah, lalu sudah bisa menggunakan kamera webcam tersebut untuk bekerja dan aktivitas lainnya.

2. Lakukan Konfigurasi Aktivasi

Mengikuti konfirmasi di Device Manager bahwa webcam telah terdeteksi dengan benar, maka harus langsung melanjutkan ke pengaturan Windows 10.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamera di PC Windows 10 memiliki semua izin yang diperlukan agar berfungsi dengan baik. Tahapannya adalah sebagai berikut:

  1. Di kiri bawah layar Windows, klik tombol Mulai.
  2. Dari daftar aplikasi yang muncul, pilih Kamera.
  3. Jika tidak dapat menemukan ikon Kamera, maka dapat memilih pengaturan atau ikon roda gigi.
  4. Buka menu Privasi setelah itu.
  5. Ketuk menu Kamera di sebelah kiri layar. Kemudian akan dibawa ke menu tempat yang dapat mengatur kamera di PC.
  6. Pengguna hanya perlu menggeser tombol di bagian atas untuk mengaktifkan kamera PC.

3. Verifikasi Sekali Lagi

Meskipun sudah diaktifkan, seringkali pengguna bertanya-tanya apakah kamera PC benar-benar berfungsi. Metode berikut dapat digunakan untuk menentukan apakah kamera komputer yang sudah aktif.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk melihat apakah aplikasi atau perangkat kamera yang rusak dapat segera diperbaiki dan digunakan kembali secara normal. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Di kiri bawah layar, klik tombol Mulai.
  2. Di bidang pencarian, ketik kamera.
  3. Saat mengklik ikon kamera, jendela program yang muncul di layar dapat menampilkan wajah dan aplikasi Kamera.
  4. Coba ambil gambar sendiri setelah membuka File Manager. Cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 Klik gambar Jika gambar muncul, aplikasi kamera mungkin dapat digunakan dengan benar.

4. Perbarui Perangkat Kamera

Jika kamera tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka dapat memperbarui bagian perangkat. Hal ini juga bisa dilakukan untuk melihat apakah aplikasi atau perangkat kamera mengalami kerusakan yang bisa langsung diperbaiki.

Setelah Device Manager bisa terbuka, pilih komponen kamera yang sedang digunakan, lalu update driver. Klik Mulai atau Windows dengan bendera di kiri bawah layar.

Cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10 menggunakan driver-then-do-update-driver. Cara ini dapat menyebabkan Windows memperbarui pengaturan kamera di komputer secara otomatis.

Pada PC Windows 10 ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan webcam langsung di komputer.

Selain itu, harus memastikan bahwa PC memiliki perangkat lunak kamera tambahan agar dapat menggunakan fitur ini dengan benar. Demikianlah cara mengaktifkan webcam di PC Windows 10.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *